ABSTRAK
Samsul Ma’rif. 2013. Eksperimentasi Pembelajaran
Matematika Menggunakan Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Ditinjau
Dari Aktivitas Belajar Materi Bangun Datar Pada Siswa Kelas VII SMP
Muhammadiyah Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah
Purworejo.
Tujuan pada penelitian ini adalah Untuk Mengetahui: (1) metode pembelajaran TSTS dapat menghasilkan prestasi belajar matematika yang
lebih baik daripada metode pembelajaran Diskusi pada materi bangun datar atau tidak, (2) prestasi belajar matematika siswa yang memiliki aktivitas belajar tinggi lebih baik daripada siswa yang memiliki
aktivitas belajar sedang dan rendah, dan siswa dengan aktivitas
belajar sedang lebih baik dari siswa dengan aktivitas belajar rendah pada materi bangun datar atau tidak, (3) ada interaksi antara model pembelajaran yang digunakan dengan aktivitas
belajar atau tidak.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 2 × 3. Populasi penelitian
ini adalah siswa
kelas VII SMP Muhammadiyah Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013. Teknik
pengambilan sampel dilakukan secara Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian berjumlah 64
responden yang terdiri dari kelompok eksperimen I dan
kelompok Eksperimen
II. Instrumen yang digunakan
untuk mengumpulkan data adalah instrumen tes prestasi belajar matematika, lembar observasi aktivitas belajar oleh guru, dan angket aktivitas
belajar siswa. Validitas diuji
dengan korelasi product moment dengan angka kasar, reliabilitas tes diuji dengan rumus KR-20.
Uji prasyarat Analisis Variansi menggunakan uji Lilliefors untuk uji normalitas dan uji Barlett untuk uji
homogenitas. Dengan α = 0.05 diperoleh sampel
berasal dari populasi berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis yang digunakan adalah ANAVA dua jalan dengan
sel tak sama. Dengan α = 0.05. Hasil komparasi ganda
antar kolom dari
hipotesis yang H0 nya ditolak diperoleh bahwa (1) siswa yang memiliki aktivitas belajar tinggi mempunyai prestasi belajar matematika yang
lebih baik daripada siswa yang memiliki aktivitas belajar sedang (F1-2 = 6.5844 > 6.46 = 2Ftabel), (2) siswa yang memiliki aktivitas belajar sedang mempunyai prestasi belajar matematika
yang tidak lebih baik daripada siswa yang memiliki aktivitas belajar rendah (F2-3 =
4.4147 > 6.46 = 2Ftabel), (3) siswa yang memiliki aktivitas belajar tinggi mempunyai prestasi belajar matematika
yang lebih baik daripada siswa yang memiliki aktivitas belajar rendah (F1-3 = 16.167 > 6.4 = 2Ftabel).
Kata kunci: TSTS, Diskusi, Prestasi Belajar, Aktivitas
Belajar, Bangun Datar.
Casino: Get $10 free on registration at SlotsMillion
BalasHapusWe have a lot of 파주 출장안마 slots, casino games, video poker, 원주 출장샵 blackjack, 군포 출장샵 roulette, keno, keno 제주 출장마사지 and so much more! Come 고양 출장안마 and play and win a great experience