Selasa, 04 Desember 2012

RPP Matematika kelas X


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah
Mata Pelajaran
Kelas/Program/Semester
Tahun Pelajaran
Alokasi Waktu

:
:
:
:
:
SMA NEGERI 1 KALIWIRO
Matematika
X/Umum /1
2012/2013
14×45 menit
A.    Standar Kompetensi
1.      Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk pangkat, akar, dan logaritma.
B.     Kompetensi Dasar
            1.1.   Menggunakan aturan pangkat, akar, dan logaritma.
C.    Indikator
1.      Mengubah bentuk pangkat negatif ke pangkat positif dan sebaliknya.
2.      Menyederhanakan suatu bilangan ke dalam bentuk notasi ilmiah.
3.      Mengidentifikasi apakah suatu bilangan termasuk bilangan rasional atau bilangan irrasional (bilangan bentuk akar).
4.      Melakukan operasi aljabar pada bentuk akar.
5.      Merasionalkan penyebut pecahan yang berbentuk akar.
6.      Mengubah bentuk akar ke bentuk pangkat, dan sebaliknya.
7.      Mengubah pangkat pecahan negatif menjadi pangkat pecahan positif.
8.      Menyelesaikan persamaan pangkat sederhana (persamaan eksponen) dengan bilangan pokok yang sama.
9.      Mengubah bentuk pangkat ke bentuk logaritma dan sebaliknya.
10.  Melakukan operasi aljabar pada bentuk logaritma.
11.  Menentukan logaritma dan antilogaritma suatu bilangan.
D.    Tujuan Pembelajaran
Setelah melakukan pembelajaran siswa diharapkan dapat :
1.      Mengubah bentuk pangkat negatif ke pangkat positif dan sebaliknya. (nilai yang ditanamkan: Mandiri, Kreatif, Kerja keras, cermat).
2.      Menyederhanakan suatu bilangan ke dalam bentuk notasi ilmiah. (nilai yang ditanamkan: Terampil, Kreatif,  Mandiri, Kerja keras, Teliti).
3.      Mengidentifikasi apakah suatu bilangan termasuk bilangan rasional atau bilangan irrasional (bilangan bentuk akar). (nilai yang ditanamkan: Terampil, Kreatif, Kerja keras, Percaya Diri).
4.      Melakukan operasi aljabar pada bentuk akar. (nilai yang ditanamkan:Percaya Diri, Kreatif, Kerja keras, cermat).
5.      Merasionalkan penyebut pecahan yang berbentuk akar. (nilai yang ditanamkan: Teliti, Mandiri, Kreatif, Kerja keras,Ingin Tahu).
6.      Mengubah bentuk akar ke bentuk pangkat, dan sebaliknya. (nilai yang ditanamkan: Rasa Ingin Tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, cermat).
7.      Mengubah pangkat pecahan negatif menjadi pangkat pecahan positif. (nilai yang ditanamkan: Berhati-hati, Kreatif, Kerja keras, cermat).
8.      Menyelesaikan persamaan pangkat sederhana (persamaan eksponen) dengan bilangan pokok yang sama. (nilai yang ditanamkan: Rasa Ingin Tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, cermat).
9.      Mengubah bentuk pangkat ke bentuk logaritma dan sebaliknya. (nilai yang ditanamkan: Teliti, Kreatif, Kerja keras, cermat, Rasa Ingin Tahu).
10.  Melakukan operasi aljabar pada bentuk logaritma. (nilai yang ditanamkan: Mandiri, Kreatif, Kerja keras, cermat).
11.  Menentukan logaritma dan antilogaritma suatu bilangan. (nilai yang ditanamkan: Mandiri, Kreatif, Kerja keras, cermat).
E.     Materi Pembelajaran
Materi : Bentuk Pangkat, Bentuk Akar, dan Bentuk Logaritma
F.     Strategi Pembelajaran
Metode                        : Diskusi, Tanya Jawab, Eksperimen, Demonstration.
G.    Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
No
Uraian Kegiatan
Waktu
Karakter
1.
Kegiatan Awal
ü  Salam pembuka, berdo’a, perkenalan ,
ü  Guru mengecek kehadiran siswa.
ü  Apersepsi :  Mengingat kembali tentang konsep himpunan bilangan asli, cacah, bulat dan real.
ü  Motivasi  : Apabila materi ini dikuasai dengan baik maka peserta didik akan terbantu dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan bilangan berpangkat bulat  positif, bulat negatif, pangkat nol dan penulisan bilangan dengan notasi ilmiah.

20 menit
Ingin tahu, Cermat, Teliti, Berhati-hati
2.


Kegiatan Inti
Eksplorasi
·         Guru memberikan stimulus berupa pemberian materi mengenai sifat – sifat bilangan dengan pangkat bulat positif dan negatif serta nol, menyederhanakan bentuk suatu bilangan berpangkat, mengubah bentuk pangkat negatif ke bentuk pangkat positif dan sebaliknya, menyederhanakan suatu bilangan menjadi bentuk baku, kemudian guru dan siswa mendiskusikan masing – masing materi tersebut.
Elaborasi
Guru dan siswa membangun diskusi kelas, guru memantau dan membimbing dan melayani siswa di dalam diskusi kelompok, topik diskusi menelaah materi sebagai berikut:
·      Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan tentang materi sifat – sifat bilangan dengan pangkat bulat positif dan negatif serta nol, menyederhanakan bentuk suatu bilangan berpangkat, mengubah bentuk pangkat negatif ke bentuk pangkat positif dan sebaliknya, menyederhanakan suatu bilangan menjadi bentuk baku.
·      Guru berkeliling kelas memantau dan membimbing siswa yang mengalami kesulitan dalam pengerjaan soal.
·      Peserta didik menyampaikan hasil pekerjaannya di depan kelas.
Konfirmasi
1)      Guru memberikan soal atau evaluasi.
2)      Guru bertanya kepada siswa tentang jawaban dari soal atau evaluasi yang telah dikerjakan siswa.
3)      Guru dan siswa menarik kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.


60
menit

3.

Kegiatan Akhir
ü  Guru mengarahkan siswa untuk menyimpulkan materi yang sudah dipelajari dengan membuat rangkuman.
ü  Guru memberikan PR kepada siswa, kemudian menyampaikan pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
1)      Guru menutup pembelajaran dengan berdoa bersama dan salam.

10
Menit


Pertemuan kedua
No
Uraian Kegiatan
Waktu
Karakter
1.
Kegiatan Awal
ü  Salam pembuka, berdo’a
ü  Guru mengecek kehadiran siswa.
ü  Apersepsi : Mengingat kembali tentang bilangan pangkat bulat positif, negatif dan nol, Kemudian membahas PR.
ü  Motivasi  : Apabila materi ini dikuasai dengan baik maka peserta didik akan terbantu dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan bilangan rasional, irrasional (bilangan bentuk akar) dan menyederhanakan bilangan bentuk akar.

20 menit
Ingin Tahu, Cermat, Teliti, Berhati-hati, Terampil, Telaten
2.


Kegiatan Inti
Eksplorasi
·         Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai definisi bilangan rasional dan juga definisi bilangan irrasional (bilangan bentuk pangkat), dan cara penyederhanaan bilangan bentuk akar, kemudian guru dan siswa mendiskusikan masing – masing materi tersebut.
·         Guru memberikan contoh dari masing – masing materi tersebut dan siswa diminta untuk mendefinisikan mana yang termasuk bilangan rasional dan mana yang termasuk bilangan irrasional (bilangan bentuk akar) dan siswa diberi stimulus mengenai cara  menyederhanakan bilangan bentuk akar.
·         Guru dan siswa bersama – sama membahas contoh soal dari masing – masing materi tersebut.
Elaborasi
·      Peserta didik mengerjakan soal – soal mengenai materi tersebut diatas.
·      Guru berkeliling memantau dan membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam pengerjaan soal.
·      Peserta didik menyampaikan hasil pekerjaannya di depan kelas.
·      Peserta didik lain menanggapi pekerjaan temannya.
Konfirmasi
·         Peserta didik dan guru secara bersama – sama membahas soal – soal yang telah dikerjakan dan disampaikan oleh siswa di depan kelas.
·         Guru menanyakan kesulitan – kesulitan siswa selama kegiatan belajar mengajar


60
menit

3.

Kegiatan Akhir
ü  Guru mengarahkan siswa untuk menyimpulkan materi yang sudah dipelajari dengan membuat rangkuman.
ü  Guru memberikan PR kepada siswa, kemudian menyampaikan pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
ü  Guru menutup pembelajaran dengan berdoa bersama dan salam.


10
Menit


Pertemuan Ketiga
No
Uraian Kegiatan
Waktu
Karakter
1.
Kegiatan Awal
ü  Salam, berdo’a, cek kehadiran siswa, kemudian menyampaikan sk, kd, indikator dan tujuan pembelajaran.
ü  Apersepsi :  Siswa di bimbing untuk mengingat kembali tentang materi bilangan bentuk akar, Kemudian membahas PR.
ü  Motivasi  : Apabila materi ini dikuasai dengan baik maka peserta didik akan terbantu dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan operasi aljabar pada bentuk akar.

20 menit
Ingin Tahu, Cermat, Teliti, Berhati-hati, Terampil, Telaten
2.


Kegiatan Inti
Eksplorasi
·         Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian bilangan bentuk akar serta diberi stimulus dalam menyederhanakan bentuk akar  dan bentuk akar , kemudian guru dan siswa mendiskusikan masing – masing materi tersebut.
·         Guru memberikan contoh dari masing – masing materi tersebut.
·         Guru dan siswa bersama – sama membahas contoh soal dari masing – masing materi tersebut.
Elaborasi
·      Peserta didik mengerjakan soal – soal mengenai materi tersebut diatas.
·      Guru berkeliling memantau dan membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam pengerjaan soal.
·      Peserta didik menyampaikan hasil pekerjaannya di depan kelas.
·      Peserta didik lain menanggapi pekerjaan temannya.
Konfirmasi
·         Peserta didik dan guru secara bersama – sama membahas soal – soal yang telah dikerjakan dan disampaikan oleh siswa di depan kelas.
·         Guru menanyakan kesulitan – kesulitan siswa selama kegiatan belajar mengajar


60
menit

3.

Kegiatan Akhir
ü  Guru mengarahkan siswa untuk menyimpulkan materi yang sudah dipelajari dengan membuat rangkuman.
ü  Guru memberikan PR kepada siswa, kemudian menyampaikan pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
ü  Guru menutup pembelajaran dengan berdoa bersama dan salam.

10
Menit


Pertemuan Keempat
No
Uraian Kegiatan
Waktu

1.
Kegiatan Awal
ü  Salam, berdo’a, cek kehadiran siswa, kemudian menyampaikan sk, kd, indikator dan tujuan pembelajaran.
ü  Apersepsi :  Siswa di bimbing untuk mengingat kembali tentang materi bilangan bentuk akar dan operasi aljabar pada bentuk akar, Kemudian membahas PR.
ü  Motivasi  : Apabila materi ini dikuasai dengan baik maka peserta didik akan terbantu dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar dan bilangan pangkat rasional.

20 menit
Ingin Tahu, Cermat, Teliti, Berhati-hati, Terampil, Telaten
2.


Kegiatan Inti
Eksplorasi
·         Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai mencari sekawan dari penyebut dari pecahan bentuk akar, diberi pengenalan mengenai bilangan berbentuk  atau   dan sifat – sifat bilangan dengan pangkat rasional, mengubah pecahan negatif menjadi pecahan positif dan persamaan eksponen kemudian guru dan siswa mendiskusikan masing – masing materi tersebut.
·         Guru memberikan contoh dari masing – masing materi tersebut.
·         Guru dan siswa bersama – sama membahas contoh soal dari masing – masing materi tersebut.
Elaborasi
·      Peserta didik mengerjakan soal – soal mengenai materi tersebut diatas.
·      Guru berkeliling memantau dan membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam pengerjaan soal.
·      Peserta didik menyampaikan hasil pekerjaannya di depan kelas.
·      Peserta didik lain menanggapi pekerjaan temannya.
Konfirmasi
·         Peserta didik dan guru secara bersama – sama membahas soal – soal yang telah dikerjakan dan disampaikan oleh siswa di depan kelas.
·         Guru menanyakan kesulitan – kesulitan siswa selama kegiatan belajar mengajar


60
menit

3.

Kegiatan Akhir
ü  Guru mengarahkan siswa untuk menyimpulkan materi yang sudah dipelajari dengan membuat rangkuman.
ü  Guru memberikan PR kepada siswa, kemudian menyampaikan pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
ü  Guru menutup pembelajaran dengan berdoa bersama dan salam.

10
Menit


Pertemuan Kelima
No
Uraian Kegiatan
Waktu

1.
Kegiatan Awal
ü  Salam, berdo’a, cek kehadiran siswa, kemudian menyampaikan sk, kd, indikator dan tujuan pembelajaran.
ü  Apersepsi :  Siswa di bimbing untuk mengingat kembali tentang bilangan bentuk pangkat , Kemudian membahas PR.
ü  Motivasi  : Apabila materi ini dikuasai dengan baik maka peserta didik akan terbantu dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan logaritma dan operasi aljabar pada bentuk logaritma.

20 menit
Ingin Tahu, Cermat, Teliti, Berhati-hati, Terampil, Telaten
2.


Kegiatan Inti
Eksplorasi
·         Peserta didik diberikan stimulus berupa kasus mengenai hubungan bilangan berpangkat dengan logaritma dan didiskusikan dengan teman satu bangku.
·         Guru memperjelas materi mengenai logaritma dan juga sifat – sifat logaritma, kemudian guru dan siswa mendiskusikan masing – masing materi tersebut.
·         Guru memberikan contoh dari masing – masing materi tersebut.
·         Guru dan siswa bersama – sama membahas contoh soal dari masing – masing materi tersebut.
Elaborasi
·      Peserta didik mengerjakan soal – soal mengenai materi tersebut diatas.
·      Guru berkeliling memantau dan membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam pengerjaan soal.
·      Peserta didik menyampaikan hasil pekerjaannya di depan kelas.
·      Peserta didik lain menanggapi pekerjaan temannya.
Konfirmasi
·         Peserta didik dan guru secara bersama – sama membahas soal – soal yang telah dikerjakan dan disampaikan oleh siswa di depan kelas.
·         Guru menanyakan kesulitan – kesulitan siswa selama kegiatan belajar mengajar


60
Menit

3.

Kegiatan Akhir
ü  Guru mengarahkan siswa untuk menyimpulkan materi yang sudah dipelajari dengan membuat rangkuman.
ü  Guru memberikan PR kepada siswa, kemudian menyampaikan pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
ü  Guru menutup pembelajaran dengan berdoa bersama dan salam.


10
menit


Pertemuan Keenam
No
Uraian Kegiatan
Waktu

1.
Kegiatan Awal
ü  Salam, berdo’a, cek kehadiran siswa, kemudian menyampaikan sk, kd, indikator dan tujuan pembelajaran.
ü  Apersepsi :  Siswa di bimbing untuk mengingat kembali materi tentang logaritma dan sifat – sifatnya, Kemudian membahas PR.
ü  Motivasi  : Apabila materi ini dikuasai dengan baik maka peserta didik akan terbantu dalam menentukan logaritma dan antilogaritma  dari suatu bilangan.

20 menit
Ingin Tahu, Cermat, Teliti, Berhati-hati, Terampil, Telaten
2.


Kegiatan Inti
Eksplorasi
·         Peserta didik diberikan stimulus mengenai menentukan logaritma dan antilogaritma suatu bilangan dengan menggunakan tabel dan kalkulator, kemudian guru dan siswa mendiskusikan masing – masing materi tersebut.
·         Guru memberikan contoh dari masing – masing materi tersebut.
·         Guru dan siswa bersama – sama membahas contoh soal dari masing – masing materi tersebut.
Elaborasi
·      Peserta didik mengerjakan soal – soal mengenai materi tersebut diatas.
·      Guru berkeliling memantau dan membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam pengerjaan soal.
·      Peserta didik menyampaikan hasil pekerjaannya di depan kelas.
·      Peserta didik lain menanggapi pekerjaan temannya.
Konfirmasi
·         Peserta didik dan guru secara bersama – sama membahas soal – soal yang telah dikerjakan dan disampaikan oleh siswa di depan kelas.
·         Guru menanyakan kesulitan – kesulitan siswa selama kegiatan belajar mengajar


60
menit

3.

Kegiatan Akhir
ü  Guru mengarahkan siswa untuk menyimpulkan materi yang sudah dipelajari dengan membuat rangkuman.
ü  Guru memberikan PR kepada siswa, kemudian menyampaikan pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
ü  Guru menutup pembelajaran dengan berdoa bersama dan salam.

10
Menit


Pertemuan Ketujuh
EVALUASI
H.    Media dan Sumber Pembelajaran
Media : White board, Spidol, Kalkulator.
Sumber Pembelajaran
1.    Sri Kurniasih dkk. 2007. Matematika untuk SMA dan MA kelas X Semester I.  Jakarta : PT. Gelora Aksara Pratama.
2.    LKS Kreatif Xa Matematika untuk SMA/MA semester Gasal. Klaten : Viva Pakarindo
I.       Penilaian
Jenis tagihan :  Ulangan Harian dan Tugas Terstruktur

Wonosobo, 24 September 2012
Guru Pembimbing



Dian Rafi Rasita, S. PdI.
NIP : 198310122010012022
Guru Praktikan



Samsul Ma’rif
NIM : 092143527
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 1 Kaliwiro


Heri Pujiyanto, S. Pd, M. Si.
NIP : 196608171989031010





0 komentar:

Posting Komentar