RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah
Mata Pelajaran
Kelas/Program/Semester
Tahun Pelajaran
Alokasi Waktu
|
:
:
:
:
:
|
SMA NEGERI 1 KALIWIRO
Matematika
X/Umum /1
2012/2013
14×45 menit
|
A.
Standar
Kompetensi
1. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk pangkat,
akar, dan logaritma.
B.
Kompetensi
Dasar
1.1. Menggunakan
aturan pangkat, akar, dan logaritma.
C.
Indikator
1.
Mengubah bentuk pangkat negatif ke
pangkat positif dan sebaliknya.
2.
Menyederhanakan suatu bilangan ke dalam
bentuk notasi ilmiah.
3.
Mengidentifikasi
apakah suatu bilangan termasuk bilangan rasional atau bilangan irrasional
(bilangan bentuk akar).
4.
Melakukan operasi aljabar pada bentuk
akar.
5.
Merasionalkan
penyebut pecahan yang berbentuk akar.
6.
Mengubah
bentuk akar ke bentuk pangkat, dan sebaliknya.
7.
Mengubah
pangkat pecahan negatif menjadi pangkat pecahan positif.
8.
Menyelesaikan
persamaan pangkat sederhana (persamaan eksponen) dengan bilangan pokok yang
sama.
9.
Mengubah bentuk pangkat ke bentuk
logaritma dan sebaliknya.
10.
Melakukan operasi aljabar pada bentuk
logaritma.
11.
Menentukan logaritma dan antilogaritma
suatu bilangan.
D.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
melakukan pembelajaran siswa diharapkan dapat :
1. Mengubah bentuk pangkat
negatif ke pangkat positif dan sebaliknya. (nilai
yang ditanamkan: Mandiri, Kreatif, Kerja keras, cermat).
2. Menyederhanakan suatu
bilangan ke dalam bentuk notasi ilmiah. (nilai yang
ditanamkan: Terampil, Kreatif, Mandiri,
Kerja keras, Teliti).
3. Mengidentifikasi apakah suatu bilangan termasuk bilangan
rasional atau bilangan irrasional (bilangan bentuk akar). (nilai
yang ditanamkan: Terampil, Kreatif, Kerja keras, Percaya Diri).
4. Melakukan operasi aljabar
pada bentuk akar. (nilai yang ditanamkan:Percaya Diri, Kreatif,
Kerja keras, cermat).
5. Merasionalkan
penyebut pecahan yang berbentuk akar. (nilai yang ditanamkan: Teliti,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras,Ingin Tahu).
6. Mengubah bentuk
akar ke bentuk pangkat, dan sebaliknya. (nilai yang ditanamkan: Rasa
Ingin Tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, cermat).
7. Mengubah pangkat
pecahan negatif menjadi pangkat pecahan positif. (nilai yang
ditanamkan: Berhati-hati, Kreatif, Kerja keras, cermat).
8. Menyelesaikan
persamaan pangkat sederhana (persamaan eksponen) dengan bilangan pokok yang
sama.
(nilai yang ditanamkan: Rasa Ingin Tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras,
cermat).
9. Mengubah bentuk pangkat ke
bentuk logaritma dan sebaliknya. (nilai yang ditanamkan:
Teliti, Kreatif, Kerja keras, cermat, Rasa Ingin Tahu).
10. Melakukan operasi aljabar pada
bentuk logaritma. (nilai yang ditanamkan: Mandiri, Kreatif,
Kerja keras, cermat).
11. Menentukan logaritma dan
antilogaritma suatu bilangan. (nilai yang ditanamkan: Mandiri, Kreatif,
Kerja keras, cermat).
E.
Materi
Pembelajaran
Materi
: Bentuk
Pangkat, Bentuk Akar,
dan Bentuk Logaritma
F.
Strategi
Pembelajaran
Metode :
Diskusi, Tanya Jawab, Eksperimen, Demonstration.
G.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
No
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
Karakter
|
1.
|
Kegiatan Awal
ü Salam
pembuka, berdo’a, perkenalan ,
ü Guru
mengecek kehadiran siswa.
ü Apersepsi : Mengingat kembali
tentang konsep himpunan bilangan asli, cacah, bulat dan real.
ü Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik
maka peserta didik akan terbantu dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan
dengan bilangan berpangkat bulat
positif, bulat negatif, pangkat nol dan penulisan bilangan dengan
notasi ilmiah.
|
20 menit
|
Ingin
tahu, Cermat, Teliti, Berhati-hati
|
2.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·
Guru memberikan stimulus berupa
pemberian materi mengenai sifat – sifat
bilangan dengan pangkat bulat positif dan negatif serta nol, menyederhanakan
bentuk suatu bilangan berpangkat, mengubah bentuk pangkat negatif ke bentuk
pangkat positif dan sebaliknya, menyederhanakan suatu bilangan menjadi bentuk
baku, kemudian guru dan siswa mendiskusikan masing – masing materi tersebut.
Elaborasi
Guru dan siswa membangun diskusi kelas, guru memantau dan
membimbing dan melayani siswa di dalam diskusi kelompok, topik diskusi
menelaah materi sebagai berikut:
· Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok untuk
mendiskusikan tentang materi sifat – sifat bilangan
dengan pangkat bulat positif dan negatif serta nol, menyederhanakan bentuk
suatu bilangan berpangkat, mengubah bentuk pangkat negatif ke bentuk pangkat
positif dan sebaliknya, menyederhanakan suatu bilangan menjadi bentuk baku.
· Guru berkeliling kelas
memantau dan membimbing siswa yang mengalami kesulitan dalam pengerjaan soal.
· Peserta didik
menyampaikan hasil pekerjaannya di depan kelas.
Konfirmasi
1)
Guru memberikan soal atau evaluasi.
2)
Guru bertanya kepada siswa tentang jawaban dari soal
atau evaluasi yang telah dikerjakan siswa.
3)
Guru dan siswa menarik kesimpulan tentang materi yang
telah dipelajari.
|
60
menit
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
ü Guru mengarahkan siswa
untuk menyimpulkan materi yang sudah dipelajari dengan membuat rangkuman.
ü Guru memberikan PR
kepada siswa, kemudian menyampaikan pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
1)
Guru menutup pembelajaran dengan
berdoa bersama dan salam.
|
10
Menit
|
|
Pertemuan
kedua
No
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
Karakter
|
1.
|
Kegiatan Awal
ü Salam
pembuka, berdo’a
ü Guru
mengecek kehadiran siswa.
ü Apersepsi : Mengingat kembali
tentang bilangan pangkat bulat positif, negatif dan nol, Kemudian membahas
PR.
ü Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik
maka peserta didik akan terbantu dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan
dengan bilangan rasional, irrasional (bilangan bentuk akar) dan
menyederhanakan bilangan bentuk akar.
|
20 menit
|
Ingin Tahu,
Cermat, Teliti, Berhati-hati, Terampil, Telaten
|
2.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·
Peserta didik diberikan stimulus
berupa pemberian materi oleh guru mengenai definisi bilangan rasional dan
juga definisi bilangan irrasional (bilangan bentuk pangkat), dan cara
penyederhanaan bilangan bentuk akar, kemudian guru dan siswa mendiskusikan
masing – masing materi tersebut.
·
Guru memberikan contoh dari masing –
masing materi tersebut dan siswa diminta untuk mendefinisikan mana yang
termasuk bilangan rasional dan mana yang termasuk bilangan irrasional
(bilangan bentuk akar) dan siswa diberi stimulus mengenai cara menyederhanakan bilangan bentuk akar.
·
Guru dan siswa bersama – sama
membahas contoh soal dari masing – masing materi tersebut.
Elaborasi
· Peserta didik
mengerjakan soal – soal mengenai materi tersebut diatas.
· Guru berkeliling
memantau dan membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam pengerjaan soal.
· Peserta didik
menyampaikan hasil pekerjaannya di depan kelas.
· Peserta didik lain
menanggapi pekerjaan temannya.
Konfirmasi
·
Peserta didik dan guru secara bersama
– sama membahas soal – soal yang telah dikerjakan dan disampaikan oleh siswa
di depan kelas.
·
Guru menanyakan kesulitan – kesulitan
siswa selama kegiatan belajar mengajar
|
60
menit
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
ü Guru mengarahkan siswa
untuk menyimpulkan materi yang sudah dipelajari dengan membuat rangkuman.
ü Guru memberikan PR kepada
siswa, kemudian menyampaikan pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
ü Guru menutup
pembelajaran dengan berdoa bersama dan salam.
|
10
Menit
|
|
Pertemuan Ketiga
No
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
Karakter
|
1.
|
Kegiatan Awal
ü Salam, berdo’a, cek
kehadiran siswa, kemudian menyampaikan sk, kd, indikator dan tujuan
pembelajaran.
ü Apersepsi : Siswa di bimbing untuk mengingat kembali
tentang materi bilangan bentuk akar, Kemudian membahas PR.
ü Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik
maka peserta didik akan terbantu dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan
dengan operasi aljabar pada bentuk akar.
|
20 menit
|
Ingin Tahu,
Cermat, Teliti, Berhati-hati, Terampil, Telaten
|
2.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·
Peserta didik diberikan stimulus
berupa pemberian materi oleh guru mengenai operasi penjumlahan, pengurangan,
perkalian dan pembagian bilangan bentuk akar serta diberi stimulus dalam
menyederhanakan bentuk akar
dan bentuk akar
, kemudian guru dan siswa mendiskusikan
masing – masing materi tersebut.
·
Guru memberikan contoh dari masing –
masing materi tersebut.
·
Guru dan siswa bersama – sama
membahas contoh soal dari masing – masing materi tersebut.
Elaborasi
· Peserta didik
mengerjakan soal – soal mengenai materi tersebut diatas.
· Guru berkeliling
memantau dan membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam pengerjaan soal.
· Peserta didik
menyampaikan hasil pekerjaannya di depan kelas.
· Peserta didik lain
menanggapi pekerjaan temannya.
Konfirmasi
·
Peserta didik dan guru secara bersama
– sama membahas soal – soal yang telah dikerjakan dan disampaikan oleh siswa
di depan kelas.
·
Guru menanyakan kesulitan – kesulitan
siswa selama kegiatan belajar mengajar
|
60
menit
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
ü Guru mengarahkan siswa
untuk menyimpulkan materi yang sudah dipelajari dengan membuat rangkuman.
ü Guru memberikan PR
kepada siswa, kemudian menyampaikan pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
ü Guru menutup
pembelajaran dengan berdoa bersama dan salam.
|
10
Menit
|
|
Pertemuan Keempat
No
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
|
1.
|
Kegiatan Awal
ü Salam, berdo’a, cek
kehadiran siswa, kemudian menyampaikan sk, kd, indikator dan tujuan
pembelajaran.
ü Apersepsi : Siswa di bimbing untuk mengingat kembali
tentang materi bilangan bentuk akar dan operasi aljabar pada bentuk akar,
Kemudian membahas PR.
ü Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik
maka peserta didik akan terbantu dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan
dengan merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar dan bilangan pangkat
rasional.
|
20 menit
|
Ingin Tahu,
Cermat, Teliti, Berhati-hati, Terampil, Telaten
|
2.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·
Peserta didik diberikan stimulus
berupa pemberian materi oleh guru mengenai mencari sekawan dari penyebut dari
pecahan bentuk akar, diberi pengenalan mengenai bilangan berbentuk
atau
dan sifat – sifat bilangan dengan pangkat rasional, mengubah pecahan
negatif menjadi pecahan positif dan persamaan eksponen kemudian guru dan
siswa mendiskusikan masing – masing materi tersebut.
·
Guru memberikan contoh dari masing –
masing materi tersebut.
·
Guru dan siswa bersama – sama
membahas contoh soal dari masing – masing materi tersebut.
Elaborasi
· Peserta didik
mengerjakan soal – soal mengenai materi tersebut diatas.
· Guru berkeliling
memantau dan membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam pengerjaan soal.
· Peserta didik
menyampaikan hasil pekerjaannya di depan kelas.
· Peserta didik lain menanggapi
pekerjaan temannya.
Konfirmasi
·
Peserta didik dan guru secara bersama
– sama membahas soal – soal yang telah dikerjakan dan disampaikan oleh siswa
di depan kelas.
·
Guru menanyakan kesulitan – kesulitan
siswa selama kegiatan belajar mengajar
|
60
menit
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
ü Guru mengarahkan siswa
untuk menyimpulkan materi yang sudah dipelajari dengan membuat rangkuman.
ü Guru memberikan PR
kepada siswa, kemudian menyampaikan pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
ü Guru menutup
pembelajaran dengan berdoa bersama dan salam.
|
10
Menit
|
|
Pertemuan Kelima
No
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
|
1.
|
Kegiatan Awal
ü Salam, berdo’a, cek
kehadiran siswa, kemudian menyampaikan sk, kd, indikator dan tujuan
pembelajaran.
ü Apersepsi : Siswa di bimbing untuk mengingat kembali
tentang bilangan bentuk pangkat , Kemudian membahas PR.
ü Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik
maka peserta didik akan terbantu dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan
dengan logaritma dan operasi aljabar pada bentuk logaritma.
|
20 menit
|
Ingin Tahu, Cermat, Teliti, Berhati-hati, Terampil,
Telaten
|
2.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·
Peserta didik diberikan stimulus
berupa kasus mengenai hubungan bilangan berpangkat dengan logaritma dan
didiskusikan dengan teman satu bangku.
·
Guru memperjelas materi mengenai
logaritma dan juga sifat – sifat logaritma, kemudian guru dan siswa
mendiskusikan masing – masing materi tersebut.
·
Guru memberikan contoh dari masing –
masing materi tersebut.
·
Guru dan siswa bersama – sama
membahas contoh soal dari masing – masing materi tersebut.
Elaborasi
· Peserta didik
mengerjakan soal – soal mengenai materi tersebut diatas.
· Guru berkeliling
memantau dan membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam pengerjaan soal.
· Peserta didik
menyampaikan hasil pekerjaannya di depan kelas.
· Peserta didik lain
menanggapi pekerjaan temannya.
Konfirmasi
·
Peserta didik dan guru secara bersama
– sama membahas soal – soal yang telah dikerjakan dan disampaikan oleh siswa
di depan kelas.
·
Guru menanyakan kesulitan – kesulitan
siswa selama kegiatan belajar mengajar
|
60
Menit
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
ü Guru mengarahkan siswa
untuk menyimpulkan materi yang sudah dipelajari dengan membuat rangkuman.
ü Guru memberikan PR
kepada siswa, kemudian menyampaikan pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
ü Guru menutup
pembelajaran dengan berdoa bersama dan salam.
|
10
menit
|
|
Pertemuan Keenam
No
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
|
1.
|
Kegiatan Awal
ü Salam, berdo’a, cek
kehadiran siswa, kemudian menyampaikan sk, kd, indikator dan tujuan
pembelajaran.
ü Apersepsi : Siswa di bimbing untuk mengingat kembali
materi tentang logaritma dan sifat – sifatnya, Kemudian membahas PR.
ü Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik
maka peserta didik akan terbantu dalam menentukan logaritma dan
antilogaritma dari suatu bilangan.
|
20 menit
|
Ingin Tahu, Cermat, Teliti, Berhati-hati, Terampil, Telaten
|
2.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·
Peserta didik diberikan stimulus
mengenai menentukan logaritma dan antilogaritma suatu bilangan dengan
menggunakan tabel dan kalkulator, kemudian guru dan siswa mendiskusikan
masing – masing materi tersebut.
·
Guru memberikan contoh dari masing –
masing materi tersebut.
·
Guru dan siswa bersama – sama
membahas contoh soal dari masing – masing materi tersebut.
Elaborasi
· Peserta didik
mengerjakan soal – soal mengenai materi tersebut diatas.
· Guru berkeliling
memantau dan membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam pengerjaan soal.
· Peserta didik
menyampaikan hasil pekerjaannya di depan kelas.
· Peserta didik lain
menanggapi pekerjaan temannya.
Konfirmasi
·
Peserta didik dan guru secara bersama
– sama membahas soal – soal yang telah dikerjakan dan disampaikan oleh siswa
di depan kelas.
·
Guru menanyakan kesulitan – kesulitan
siswa selama kegiatan belajar mengajar
|
60
menit
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
ü Guru mengarahkan siswa
untuk menyimpulkan materi yang sudah dipelajari dengan membuat rangkuman.
ü Guru memberikan PR
kepada siswa, kemudian menyampaikan pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
ü Guru menutup
pembelajaran dengan berdoa bersama dan salam.
|
10
Menit
|
|
Pertemuan Ketujuh
EVALUASI
H.
Media
dan Sumber Pembelajaran
Media
: White board, Spidol, Kalkulator.
Sumber
Pembelajaran
1. Sri Kurniasih dkk. 2007. Matematika
untuk SMA dan MA kelas X Semester I. Jakarta : PT. Gelora
Aksara Pratama.
2. LKS Kreatif
Xa Matematika untuk SMA/MA semester Gasal. Klaten : Viva Pakarindo
I.
Penilaian
Jenis tagihan : Ulangan Harian dan Tugas Terstruktur
Wonosobo, 24 September 2012
Guru Pembimbing
Dian Rafi Rasita, S. PdI.
NIP : 198310122010012022
|
Guru Praktikan
Samsul Ma’rif
NIM : 092143527
|
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 1
Kaliwiro
Heri Pujiyanto, S. Pd, M. Si.
NIP : 196608171989031010
|
0 komentar:
Posting Komentar