02.36
Makalah kalkulus lanjut — Document Transcript
- 1. BAB I
PENDAHULUANA. Latar Belakang Kalkulus Lanjut
(Advanced Calculuc) merupakan mata kuliah lanjutan dariKalkulus I yang
telah dipelajari pada semester sebelumnya. Proses perkuliahan dikampus
sangatlah minim, karena waktu yang tidak cukup dan banyak mahasiswa
yangmalas masuk kuliah. Sehingga mahasiswa sangat di tuntut untuk
memilikiketerampilan di dalam mempelajari sendiri semua materi yang
dipelajari. Dengandemikian mahasiswa sangat dituntut aktif dalam
perkuliahan maupun aktif mencaribahan materi yang akan di pelajari.
Makalah ini merupakan salah satu syarat di dalam mengikuti atau
melakukandiskusi dalam perkuliahan. Sehingga pemahaman terhadap bahan
kuliah bisa lebihmenjadi maksimal. Insya Allah...B. Rumusan Masalah
Bagaimanakah cara menyelesaikan turunan parsial fungsi secara
implisit ?C. Tujuan Menjelaskan penyelesaian turunan parsial
fungsi implisit;D. Manfaat Dapat memahami penyelesaian turunan
parsial fungsi implisit dua variabel atau lebih;
1
- 2.
BAB II PEMBAHASAN Turunan
Parsial Fungsi Implisit Penurunan Secara Implisit Penurunan
secara implisit secara tidak langsung telah di bahas
dalamkalkulus. Salah satu manfaat dari aturan rantai adalah untuk
menentukan turunanfungsi yang didefinisikan secara implisit. Misalkan y
fungsi dari x yang didefinisikansecara implisit, dan diberikan oleh
persamaan, F(x,y) = 0. Karena y fungsi dari,maka dengan aturan
rantai dihasilkan, +
= 0Karena, dx⁄dx = 1, maka dihasilkan rumus :
= -Dengan cara yang sama, misalkan x fungsi dari y
yang didefinisikan secara implisit,dan diberikan oleh persamaan F(x,y) =
0, maka dihasilkan rumus : =
-Contoh 1 Bila y fungsi dari x yang didefinisikan oleh, 3xy2 + 3y3
= x3, hitunglahdy⁄(dx.)Penyelesaian : Andaikan, F(x,y) = 3xy2 +
3y3 - x3 , dengan menurunkan F secara parsialterhadap x dan y dihasilkan
: = 3y2 – 3x2 = 3(y2 – x2) = 3(y + x)(y
– x) = 6xy + 6y2 = 6y(x + y)
Jadi, =- =- =
2
- 3. Contoh
2 Bila x fungsi dari y yang didefinisikan oleh, arc tan (x⁄y) =
ln (x2 + y2),hitunglah dx⁄dy.Penyelesaian : Andaikan, F(x,y) =
arc tan (x⁄y) - ln (x2 + y2), dengan menurunkan F secaraparsial terhadap
x dan y dihasilkan : = –
= –Jadi, Dari rumus penurunan secara
implisit di atas, dapat dikembangkan untukmenentukan turunan-turunan
parsial fungsi n variabel. Misalakan z adalah fungsidari x dan y yang
didefinisikan secara implisit, diberikan oleh persamaan F (x, y, z) =0.
Dengan menurunkan secara parsial F terhadap x dengan asumsi y konstan
denganaturan rantai dihasilkan : +
+ =0Karena y konstan, maka ∂y/∂x = 0, dan mengingat dx/dx
= 1, sehingga dihasilkanrumus, Dengan cara yang sama, dan jika
di asumsikan y konstan dengan menurunkansecara parsial F terhadap y
dengan asumsi x konstan, dengan aturan rantaidihasilkan:
+ + =0
3
- 4.
Karena x konstan, maka ∂x/∂y = 0, dan mengingat dy/dy = 1, sehingga
dihasilkanrumus,Contoh 3Tentukanlah, dan dari, x2 y + y3 z =
2xz4Penyelesaian :Andaikan, F (x, y, z) = x2 y + y3 z - 2xz4 . dengan
menurunkan secara parsial F terhadap x,y dan zdihasilkan:
= 2xy – 2z4 = x2 + 3y2z = y3 – 8xz3Jadi,
– –
=- =
– –
–
=- = .
–Adapun turunan fungsi untuk dua variabel atau lebih, yaitu :1.
Turunan fungsi implisit dua variabel Hasil ini digunakan
untuk mencari turunan fungsi implisit. Andaikan F(x,y)=0, dimana
y fungsi implisit dari x, sehingga bisa dicari atau
F x
dy dx F
y asalkan
4
- 5.
Contoh: Diketahui x3 + y2 x- 3= 0 tentukan ..!
Jawab: x3 + y2 x- 3)=
3x2 + 2xy + y2 = 0
2xy = - 3x2 - y2 (- 3x2 -
y2) / 2xy - (3x2+ y2)/2xy2.
Turunan fungsi implisit tiga variabel Jika F(x,y,z)=0 fungsi
implisit, fungsi dua variabel x dan y differensiabel
sedemikian hingga z=f(x,y), untuk setiap x,y dalam domain fungsi, maka
z F ( x, y , z ) z Fy ( x, y, z )
x
x Fz ( x, y, z ) y Fz ( x, y, z ) Contoh:
Tentukan dari fungsi implisit xy – z2 + 2xyz = 0 Jawab:
a. (xy – z2 + 2xyz) = c. (xy – z2 + 2xyz) =
= 2xy – 2z y+ 2yz b. (xy – z2 + 2xyz) = = x + 2xz
Jadi
5
- 6. Contoh: Misalkan f(x,y,z) =
x3 ey+z – ysin (x-z)=0 maka tentukan Jawab: (x3 ey+z – ysin
(x-z))= = 3x2 ey+z – ycos (x-z) (x3 ey+z – ysin (x-z))= =
x3 ey+z + ycos (x-z) Jadi (3x2 ey+z – ycos (x-z))/ x3 ey+z +
ycos (x-z)3. Turunan fungsi implisit empat variabel Jika
F(x,y,z,w)=0 fungsi implisit, fungsi tiga variabel x, y dan z
diferensiabel sedemikian hingga w=f(x,y,z), untuk setiap x,y dan z
dalam domain fungsi, maka w F (
x, y, z, w) x
x Fw ( x, y, z, w)
w Fy ( x, y, z, w)
y Fw ( x, y, z, w)
w F ( x, y, z, w) z
z Fw ( x, y, z, w) Contoh:
Tentukan dari fungsi implisit 2x2w + 3y2z + zwyx +
w2 = 0 Jawab: (2x2w + 3y2z + zwyx + w2)= =
(2x2w + 3y2z + zwyx + w2) =
6
- 7. (2x2w + 3y2z + zwyx
+ w2)= = 3y2 + wyx (2x2w + 3y2z + zwyx + w2)= = 2x2 +
zyx +2wJadi: = / 2x2 + zyx +2w = / 2x2
+ zyx +2w = - ( 3y2 + wyx)/2x2 + zyx +2wPendiferensialan ImplisitJika
kita dihadapkan dengan fungsiy3 + 5y = x3.Tentu kita akan sulit untuk
menggambarkan grafiknya. Tetapi ketika kita inginmencari
gradien/kemiringan garis singgungdi suatu titik pada kurva, kita
akankebingungan. Masalahnya, kita harus mencari turunan dari fungsi
tersebut.Hal baru dalam masalah ini adalah bahwa kita menghadapi sebuah
persamaanyang secara gamblang (eksplisit) tidak terselesaikan untuk y.
Apakah mungkinuntuk mencari dy/dx dalam keadaan seperti ini?Ya,
diferensialkan kedua ruas persamaany3 + 5y = 3terhadap x, dan samakan
hasil-hasilnya. Dalam melakukan ini, kita anggapbahwa persamaan yang
diberikan memang menentukan y sebagai suatu fungsix (hanya saja kita
tidak tahu bagaimana mencarinya secara eksplisit). Jadi,setelah memakai
aturan rantai pada suku pertama, kita peroleh :
7
- 8. Yang
terakhir dapat diselesaikan untuk dy/dx sebagai berikut :Perhatikan
bahwa ungkapan kita untuk suatu
kenyataanyang sering menyusahkan. Tetapi, jika kita hanya ingin mencari
kemiringanpada sebuah titik di mana koordinatnya diketahui tidaklah
sulit. Di (1,2) = .Jadi, kemiringannya adalah
3/17.Metode yang baru saja digambarkan untuk mencari
tanpa terlebihdahulu menyelesaikan persamaan yang diberikan untuk
secara gamblangdalam bentuk disebut Pendiferensialan
Implisit. Tetapi apakah metodetersebut dapat memberikan jawaban yang
benar?Contoh.Carilah jika –3!Penyelesaian :Cara 1
: Kita dapat menyelesaikan persamaan yang diberikan secara
gamblanguntuk sebagai berikut.Jadi,Cara 2 : (Pendiferensialan
Implisit).Kita samakan turunan-turunan kedua ruas dari :
–3
8
- 9. Setelah memakai Aturan Hasilkali pada suku
pertama, kita dapatkanWalaupun jawaban ini kelihatan berlainan dari
jawab yang diperolehterdahulu, tetapi keduanya sama. Untuk melihat ini,
gantikan dalamungkapan untuk dy/dx yang baru saja
diperoleh.Jika sebuah persamaan dalam x dan y menentukan sebuah fungsi y
= f(x) danfungsi ini terdiferensialkan, maka metode pendiferensialan
implisit akanmenghasilkan sebuah ungkapan yang benar untuk dy/dx.
Terdapat dua halbesar dalam pernyataan ini.Pertama perhatikan
persamaanIa tidak mempunyai penyelesaian, karena itu tidak menentukan
suatu fungsi.Sebaliknya,menentukan fungsi-fungsi y = f(x) =
, dan fungsi y = g(x) =- . Grafik-grafik tersebut diperlihatkan dalam
gambar berikut:
9
- 10. Untungnya, kedua fungsi ini
terdiferensialkan pada (-5,5). Pertama perhatikanf, ia memenuhi :x2 + [f
(x)]2 = 25Bilamana kita diferensialkan secara implisit dan
menyelesaikan un f `(x), kitaperoleh:2x + 2f(x) f’(x) = 0f’(x)
=perlakuan serupa secara lengkap terhadap g(x) menghasilkan :g’(x)
=Untuk keperluan praktis, kita dapat memperoleh kedua hasil ini secara
serempakdengan pendiferensialan secara implisit dari Ini
memberikan 2x + 2y = 0 Secara wajar, hasilnya identik
dengan yang diperoleh di atas. Pehatikan bahwa adalah cukup untuk
mengetahui dy/dx = -x/y agar dapat menerapkan hasil-hasil kita. Andaikan
kita ingin mengetahui kemiringan garis singgung pada lingkaran
bilamana x = 3. Nilai-nilai y yang berpadanan adalah 4 dan -4.
Kemiringan di (3,4) dan (3,-4). Masing- masing diperoleh dari
pergantian –x/y adalah -3/4 dan 3/4. Kemudian kita tunjukkan bahwa:
Menentukan banyak fungsi lainnya. Pandang fungsi h yang didefenisikan
oleh:
10
- 11. h(x) =
-5 Ia juga
memenuhi , karena .Tetapi ia
bahkantidak kontinu di , sehingga tidak saja mempunyai turunan di
sana (lihatgambar disamping).Sementara subyek fungsi implisit menuju ke
masalah teknis yang sukar(ditangani dalam kalkulus lanjut),
masalah-masalah yang kita pelajarimempunyai penyelesaian lansung.Dalam
contoh-contoh berikut,kita anggap bahwa persamaan yang
diberikanmenentukan satu atau lebih fungsi-fungsi terdiferengsialkan
yang turunan-turunannya dapat dicari dengan menerapkan pendiferensialan
implisit.ContohCarilah jika !
11
- 12.
Penyelesaian :ContohCarilah jikaPenyelesaian :
=ContohCari persamaan garis singgung pada kurva
dititik (0,1).Penyelesaian :Untuk menyederhanakan,
kita gunakan cara penulisan ’ untuk .Bilamana kita
mendiferensialkan kedua ruas dan menyamakan hasilnya,kitaperoleh :
12
- 13. Di (0,1), .Sehingga, persamaan garis singgung di
(0,1) adalah:Kita telah mempelajari bahwa di mana
adalah sembarangbilangan bulat.Sekarang ini kita perluas pada kasus di
mana n adalahbilangan rasional sembarang.TEOREMA M :Aturan
PangkatAndaikan adalah bilangan rasional sembarang,maka:
13
- 14.
BAB III PENUTUPA. Kesimpulan
Turunan Parsial Fungsi Implisit
F
x dy
Turunan fungsi implisit dua variable
dx F
y Turunan fungsi implisit tiga variable
z F ( x, y , z ) z Fy ( x, y, z )
x
x Fz ( x, y, z ) y Fz ( x, y, z ) Turunan fungsi
implisit empat variable w F ( x, y, z, w) w Fy ( x,
y, z, w) w F ( x, y, z, w) x
z x Fw ( x, y, z, w) y
Fw ( x, y, z, w) z Fw ( x, y, z, w)B. Saran Saran
dari kelompok kami buat Dosen, agar kiranya mengajarkan atau
menjelaskan kembali dasar – dasar materi yang ada dalam makalah ini,
karena masih banyak mahasiswa yang belum memahami dasar – dasar yang
mestinya diketahui sebelum mempelajari makalah ini, termasuk kami
juga. Sehingga sulit buat mahasiswa yang lain menguasai materi yang
ada dalam makalah ini. Saran buat teman – teman mahasiswa,
supaya kiranya lebih banyak belajar sendiri mengenai isi makalah ini
karena waktu yang kita gunakan tidak akan cukup untuk kita menguasai
seluruh isi makalah ini. Dan juga di saat proses perkuliahan
berlangsung kiranya teman – teman memperhatikan dengan sungguh
–sungguh agar apa yang kita pelajari saat itu bisa kita pahami secara
maksimal.
14
- 15. DAFTAR PUSTAKAPrayudi.Kalkulus
Lanjut, Edisi Pertama.Penerbit Graha Ilmu.Yogyakarta.2009Purwanto,
Heri.Kalkulus 1. Ercontara
Rajawali.Jakarta.2005http://id.wikipedia.org/wiki/Kalkulus_diferensial.htmlhttp://www.mascipul.com/2009/11/free-download-materi-kalkulus-materi-
matematika.htmlhttp://id.wikipedia.org/wiki/Kalkulus.htmlhttp://www.mediafire.com/?2y5izytydnqhttp://www.mediafire.com/?zzk1qmdwx1y
15
0 komentar:
Posting Komentar